tips mempercepat kinerja komputer/laptop

Optimalkan Kinerja Memori Anda

1. hapus program/file yang menurut anda tidak penting

Silahkan Hapus saja Program/File yang menurut anda tidak terlalu penting pada Komputer/Laptop anda, melalui Control Panel. untuk menghapus program melalui Control Panel silahkan Klik Start > Control Panel > Uninstall Program.

2. gunakan software CCleaner

Apa itu CCleaner? CCleaner adalah Software yang bekerja untuk menghapus file – file Sampah pada komputer anda seperti bekas cache, registry , History, Cookies dan lain sebagainya yang mempengaruhi kinerja perangkat anda.

3. gunakan Disk Cleanup

Tool ini berguna untuk menghapus File – File yang menurut Windows tidak berguna atau bisa disebut sebagai Sampah. Tool ini menurut saya hampir sama dengan Software CCleaner, namun bedanya dengan CCleaner yaitu CCleaner lebih bekerja maksimal untuk membersihkan File Sampah. anda bisa menggunakan Disk Cleanup dengann meng-klik kanan pada Drive yang anda ingin bersihkan, Misalnya pada Local Disk (C:) lalu pilih Properties > Pilih Disk Cleanup pada tab General.

4. upgrade memori anda

Memperbesar kapasitas Memori pada perangkat anda dengan cara Upgrade Memori Hardware. tidak hanya memberikan Memori yang lebih banyak namun juga berguna untuk meningkat kinerja perangkat anda, bahkan bisa menjadi 2x lipat dari sebelumnya. Silahkan pasang Memori SSD untuk Komputer/Laptop anda dan Tambahkan memori RAM pada Komputer/Laptop anda, Untuk kesehari – harian dalam beraktifitas seperti Mengetik, Browsing, Email dan lain sebagainya, saya menyarankan Upgrade RAM menjadi hingga 3 GB – 4 GB. untuk kebutuhan Bermain Game saya menyarankan Upgrade RAM hingga 6 GB – 8 GB atau lebih.

Gunakan Antivirus


Antivirus sendiri juga sangat perlu digunakan untuk menghindari serangannya Virus pada perangkat anda. terinfeksinya Virus pada perangkat cukup berbahaya karena bisa menyerang Program, Windows dan File – File anda. Virus sendiri juga dapat mempengerahui kinerja pada perangkat anda menjadi lebih lambat.

Optimalkan Kinerja Processor dan RAM Anda

Kurang optimalnya Kinerja Processor dan RAM juga dapat mempengerahui Kinerja perangkat anda. hal ini disebabkan karena kurang maksimalnya Kinerja Processor dan RAM saat anda menggunakan perangkat anda. Namun, jika anda ingin segera meng-Upgrade Kinerja RAM dan Processor anda, ada baiknya mencoba terlebih dahulu dengan memaksimalkan kinerja RAM dan Processor anda. Memaksimalkan Kinerja RAM dan Processor bukanlah hal yang sulit.

1.untuk Step pertama, silahkan tekan kan logo Windows + Tombol R  secara bersamaan pada keyboard.

2.Langkah kedua, Ketik msconfig pada kolom lalu tekan Enter/OK.

3.Silahkan pilih menu Boot pada tab, Lalu ceklist No GUI boot dan ubah Timeout menjadi 3 Seconds.

4.Klik Advanced Option, Kemudian ceklist Number of Processor, lalu pilih angka yang paling banyak. jangan lupa juga untuk menceklist Maximum memory untuk memaksimalkan kinerja RAM. Klik OK kemudian Apply, lalu silahkan Restart Perangkat anda.

selamat mencoba!!!

Leave A Comment?